Senin, 15 Mei 2017

Prof Dr dr Murdani Puasa Memperparah Penyakit Maag Bohong

Prof Dr dr Murdani Puasa Memperparah Penyakit Maag Bohong, Berikut Penjelasan Pakar Ahli Saluaran Pencernaan Mengenai Puasa Dan Penyakit Maag!.

Prof Dr dr Murdani : Bohong Puasa Memperparah Penyakit Maag

Bagi pasien mag, bulan puasa merupakan momen yang bikin harap-harap cemas. Harapannya adalah puasa bisa dijalankan dengan baik dan benar namun rasa cemas mengintai karena penyakit mag yang membayangi.
Prof Dr dr Murdani Abdullah, SpPD-KGEH mengatakan pasien mag tak perlu takut berpuasa. Adanya klaim yang mengatakan mag akan kambuh karena puasa atau klaim yang menyebut puasa memperparah kondisi mag adalah bohong dan tidak benar.
"Itu takhayul. Malah puasa lebih baik untuk perut pasien mag karena saat puasa kan perut kosong. Justru keluhan mag malah munculnya sesudah berbuka puasa," tutur Prof Murdani dalam simposium PAPDI di RS Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Selatan.
Dijelaskan Prof Murdani, ada dua jenis mag, yakni mag organik dan mag fungsional. Mag organik merupakan sakit yang muncul akibat adanya sesuatu yang tidak normal di lambung. Contohnya adalah tukak lambung, GERD, polip atau kanker di usus dua belas jari.
Sementara mag fungsional adalah kasus mag yang lazim ditemui sehari-hari. Misalnya mag yang muncul karena makan tak teratur, makan berlemak, minum kopi, stres dan merokok.
"Mag organik itu kasusnya nggak banyak, kurang dari 10 persen dari kasus yang datang ke rumah sakit. Sisanya ini yang berobat kan datang karena makan nggak teratur, makan pedas nggak kira-kira dan sebagainya. Kalau puasa, insya Allah mag fungsional malah membaik," tambah Prof Murdani.
Untuk itu, Prof Murdani menegaskan bahwa sakit mag tidak menjadi alasan untuk tidak puasa. Justru dengan puasa, pikiran yang tenang dan khusyuk untuk beribadah, frekuensi mag kambuh malah berkurang.
"Di RSCM tiap puasa, jumlah pasien mag yang ke rumah sakit menurun lho. Makanya jangan jadikan mag sebagai alasan untuk tidak puasa," tutupnya.
Agar Saat Berbuka Dan Sahur Penyakit Maag Tidak Kambuh, Konsumsi Juga Obat Maag Atau Asam Lambung Yang Baik Dan Aman Bagi Ibu Hamil. Informasi Selengkapnya : Obat Asam Lambung >> Obat Asam Lambung Tinggi Alami
Baca Juga Atikel Bermanfaat Lainnya:
Load disqus comments

0 komentar